Bisnis  

Waspada, 2 Hal Ini Ternyata Bisa Kuras Saldo Mobile Banking Anda

Mobile Banking
Image Source : liputan6.com

FinJ Media Mobile banking merupakan salah satu aplikasi perbankan yang sangat dibutuhkan. Tentu keamanan dari aplikasi perbankan yang ada pada ponsel harus senantiasa terjaga.

Karena dalam satu perangkat, tentu segala informasi penting akan tersimpan termasuk informasi mengenai data yang ada pada aplikasi perbankan.

Maka dari itu, sangat wajib tentunya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membahayakan keamanan ponsel. Karena jika tidak diawasi, saldo mobile banking yang ada pada ponsel tentu bisa terkuras.

2 Hal Menyebabkan Saldo Mobile Banking Bisa Terkuras

Mobile Banking
Image Source : liputan6.com

Bagi Anda semua yang sering mengalami saldo terkuras secara tiba-tiba, ternyata ada beberapa penyebabnya. Selain karena hal tersebut merupakan tindakan yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan cyber.

1. Call Forwading

Mobile Banking
Image Source : shutterstock.com

Nomor telepon saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses mobile banking maupun mobile payment. Karena segala informasi seperti data pribadi, data perusahaan akan mengirimkan kata sandi khusus melalui nomor ponsel yang biasa disebut dengan OTP (One Time Password).

Jika seseorang sembarangan dalam menggunakan fitur Call Forwading kepada orang lain yang tidak dikenal, tentu hal ini sangatlah berbahaya.

Cara melakukan call forwading pun terbilang sangat mudah, yakni dengan menekan *21*nomor tujuan forward# Jika ada seseorang yang meminta Anda untuk menekan nomor tersebut di layar ponsel segera abaikan.

Para pelaku kejahatan cyber tentunya akan berusaha melakukan banyak cara untuk mengelabui korbannya. Salah satunya dengan cara meminta korban untuk melakukan call forwading.

2. SIM Swap Fraud

Mobile Banking
Image Source : inakoran.com

Saldo mobile banking ternyata juga bisa terkuras karena SIM Swap Fraud. Dalam artian, pelaku kejahatan cyber akan meminta pihak operator untuk membuatkan simcard dengan nomor yang sama seperti yang dimiliki oleh korban.

Kejahatan SIM Swap Fraud biasanya sering dilakukan untuk membobol rekening korban melalui aplikasi mobile banking. SIM Fraud juga memiliki ciri-xiri yang bisa Anda kenali.

Salah satunya, sinyal pada nomor hilang dalam waktu yang cukup lama. Karena nomor hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jika Anda kehilangan sinyal dalam waktu yang cukup lama, bisa jadi SIM yang Anda gunakan sudah dikloning oleh para pelaku kejahatan cyber.

Segera tanyakan kepada pihak operator dengan datang ke kantor cabang atau call center untuk menanyakan hal tersebut jika terjadi pada diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *